Satuan Karya (saka)
satuan Karya atau di singkat saka merupakan istilah dalam kepramukaan, baik di tingkat penggalang atau di tingkat penegak atau pandega
satuan karya di bentuk untuk mempelajari secara mendalam bagian bagian yang mempunyai andil besar di Indonesia,

sebut saja satuan karya wanabakti satuan karya ini mempelajari secara mendalam tentang berbagai macam hubungan dengan hutan satuan karya bahari mempelajari tentang kelautan satuan karya bhayangkara, mempelajari tentang tata tertib kehidupan yang dinaungi oleh Kepolisian. ada juga saka saka lain, seperti saka dirgantara yang mempelajari tentang nautika dan ada saka bakti husada yang mempelajari tentang kesehatan banyak manfaatnya ketika kita mengikuti sebuah kegiatan kesakaan, kita didorong untuk memahami kekayaan indonesia secara formal dan komplit bagi anak anak pramuka, seharusnya mempunyai dan berkeinginan untuk memahami lebih dalam tentang kekayaan alam indonesia, salah satunya dengan mengikuti kegiatan saka

Saka Wanabakti
Saka wanabakti merupakan sebuah satuan karya yang berada di bawah naungan departemen kehutanan, wilayah Indonesia yang kaya akan hutan setikdanya harus lebih diajarkan kepada generasi muda sebagai penerus untuk mengolah dan mengelola kekayaan alam agar tidak di ekploitasi sewenang wenang.
Saka Wanabakti merupakan jembatan pengenalan tentang kehutanan Indonesia kepada para pelajar, harapan diadakannya Saka Wanabakti adalah seperti itu.
orang orang perkotaan yang sedikit akan hutannya sedikit sekali tentang pembelajaran tentang hutan Indonesia, akan tetapi kesadaran akan kebutuhan hutan orang kota lebih menyadarinya, kenapa? kehidupan yang pengap seolah oleh membawa kesadaran tersendiri akan buthnya suasana yang adem ayem dan sejuk. bukan berarti mengesampingkan orang yang berada diluar perkotaan, karena orang pedesaan pada umumnya menikmati suasana yang alami setiap hari sehingga terkadang terlena, penebangan liar oleh para penduduk setempat merupakan ciri dari kurang perhatiannya.
saka wanabakti mengemban misi yang berat sesungguhnya yaitu menjelaskan dan menanamkan kepada generasi muda bahwa alam itu sangat penting untuk dikelola dan dilestarikan.

“ikut bergabung dengan saka wanabakti berarti sudah ikut berpartisipasi minimal mengenal tentang keadaan hutan yang ada di sekeliling kita”

Krida Saka Wanabakti
Saka wanabakti mempunyai Krida Drida, Krida adalah semacam tanda dan pengelonpokan keterampilan dalam pramuka untuk memperdalam sebuah materi,

Krida adalah : Satuan terkecil yang merupakan bagaian Saka Wanabakti sebagai wadah kegiatan ketrampilan tertentu yang merupakan bagian dari kegiatan saka.

adapun Krida – krida yang ada di saka wanabakti ada empat krida, diantara krida krida itu adalah

1. Krida BinaWana
merupakan krida yang mempelajari semua yang berhubungan dengan pembinaan pelestarian hutan.
2. Krida Tata Wana
krida tatawana, Tata berarti menata atau mengatur,wana berarti hutan jadi tata wana nempunyai arti menata / mengatur kawasan hutan dan merisalah isinya.
3. Krida Guna Wana
krida Guna berarti memanfaatkan wana berarti hutan jadi Guna Wana berarti memanfaatkan hasil hutan secara produktif dan lestari.
4. Krida Reksa Wana
krida Reksa berarti melindungi wana berarti hutan jadi Reksa Wana berarti kegiatan yang berhubungan dengan perlindungan hutan.